Sabtu, 16 Februari 2013

CLASSROOM MANAGEMENT "DESAIN KELAS"


DESAIN KELAS
1.    Area Kelas dan Fungsinya
Identifikasi fungsi area kelas tergantung pada kebutuhan, kondisi, dan luas kelas yang ada, diantaranya:
·         Area Belajar, adalah area yang berfungsi sebagai tempat kegiatan belajar.
·         Area Perpustakaan Kelas, adalah area yang merupakan perpustakaan mini dalam kelas.
·         Area Simulasi, adalah area yang memungkinkan sebagai tempat simulasi ketika pembelajaran menggunakan metode simulasi.
·         Area Perlengkapan Kelas, yaitu area untuk menempatkan peralatan kelas yang dibutuhkan untuk pembelajaran.
·         Area Perlengkapan Peserta Didik, yaitu tempat untuk meletakkan barang pribadi siswa, seperti: sepatu, tas, portofolio siswa, dan lain-lain.

2.    Kriteria Mendesain Kelas:
a.    Menunjang efektivitas proses pembelajaran.
b.    Bersifat fleksibel/luwes, perubahan dari satu tujuan ke tujuan lain menjadi mudah.
c.    Penataan kelas dan fasilitas kelas mampu membantu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga mereka merasa senang dan antusias dalam belajar.
d.    Ketika siswa belajar mengenai suatu konsep, maka ada fasilitas untuk memperjelas konsep tersebut dengan media yang sesuai sehingga tidak bersifat verbalis.
e.    Penataan kelas termasuk meja kursi dipengaruhi oleh falsafah dan metode pembelajaran yang digunakan di kelas.

3.    Pedoman Tata Letak Area (Setting Area) dan Peralatan Kelas
a.    Tata Letak Area
Yang diperlukan ketika membuat setting area kelas, antara lain:
·      Petunjuk (nama) setiap area sesuai fungsinya.
·      Mensetting area kelas yang merangsang pandangan yang luas
·      Mengumpulkan satu jenis fungsi berdekatan dengan fungsi yang serupa.
·    Fleksibel antara kegiatan individu dan kelompok, serta kegiatan di atas meja atau di lantai.

b.    Identifikasi Peralatan dalam Kelas
Melalui kegiatan Labelisasi atau pemberian nama, baik peralatan kelas maupun milik pribadi siswa.

c.    Pedoman Penempatan Peralatan Kelas
·      Menyediakan tempat/wadah khusus untuk tiap barang.
·      Menempatkan perlatan umum dalam satu tempat.
·      Peralatan kecil ditempatkan khusus.
·      Menempatkan peralatan kelas dan siswa di tempat yang mudah dijangkau.
·      Peralatan tajam di tempatkan di tempat yang aman.

4.    Membangun Kelas Nyaman, Menarik, dan Menyenangkan
·      Pencahayaan alami yang cukup.
·      Lingkungan yang lembut.
·      Tekstur permukaan (dinding, atap, lantai, dan lain-lain) yang variatif.
·      Ruangan yang leluasa/longgar.
·      Sentuhan “rumah”.
·      Terdapat makhluk hidup, seperti: binatang (ikan, kelinci) atau tanaman.
·      Aman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar