Sabtu, 11 Mei 2013

Melatih Emotional Question (EQ) Anak dengan Outbound Fun (Kegiatan Aghif)

Pada hari Sabtu 11 Mei 2013 kemarin, Aghif putra sulungku melaksanakan Outbound Fun di kawasan Pemandian Bektiharjo.
Outbound merupakan agenda rutin dari sekolah Aghif yaitu RA Muslimat Salafiyah Mandirejo Merakurak. Setiap siswa kelompok B diharuskan mengikuti kegiatan outbound ini.


 



 



Adapun bentuk-bentuk permainan yang dilakukan dalam outbound yang dilakukan Aghif, diantaranya:
  • Titian Tali, yaitu meniti tali tambang pada ketinggian tertentu dengan berpegangan pada tali juga. Permainan ini bertujuan untuk melatih kemandirian, keberanian, dan ketelitian anak.
  • Naik dan mendayung perahu karet. Ini untuk melatih kemandirian, keberanian, kecekatan, kreatifitas, dan inisiatif anak. Juga dapat melatih rasa empati, kebersamaan, dan kekompakan dalam tim.
  • Panjat Dinding, yaitu memanjat dinding yang sudah dilengkapi dengan batu untuk tumpuan kaki dan tangan. Permainan ini untuk melatih kemandirian, keberanian, kecekatan, kreatifitas, kecermatan dan inisiatif anak.
  • Panjat Tali Jaring, yaitu memanjat tali yang berbentuk jaring untuk naik ke atas. Hal ini untuk melatih kemandirian, keberanian, kecekatan, kreatifitas, kecermatan dan inisiatif anak.
  • Flying Fox, yaitu sebuah permainan kendaraan yang digerakkan roda melalui kabel dengan bantuan gravitasi bumi. Permainan ini umumnya dilakukan di luar ruangan dengan sistem meluncur dengan jalur utama tali yang mampu menahan beban hingga puluhan kilogram. Dengan sudut kemiringan tertentu, dan memanfaatkan gravitasi bumi sebagai penggeraknya, permainan Flying Fox mampu menghantarkan  penumpang dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Permainan ini adalah yang paling seru menurut Aghif.

Dari permainan-permainan tersebut, anak akan berlatih mengasah EQ atau Kecerdasan Emosionalnya, diantaranya: mandiri, disiplin, berani, tekun, cermat, teliti, kreatif, inisiatif, cekatan, rasa empati, kebersamaan dan kekompakan dalam tim. 

 

Pengertian Outbound, Sejarah, Manfaat dan Tujuan

Istilah Outbound berasal dari kata Outward Bound.
Outbound adalah sebuah ide pendidikan inovatif yang dikreasikan oleh Kurt Hahn.
Kurt Hahn adalah seorang berkebangsaan Jerman yang lahir di Berlin pada tanggal 5 Juni 1886. Ide Kurt Hahn kini telah bertahan dan berkembang selama lebih dari enam puluh tahun.
Pengertian Outbound secara lengkap adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (Outbound Games) baik secara individu maupun perkelompok.
Tujuan utama kegiatan outbound ini disamping untuk mengisi waktu liburan, Outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan team (Team Building).


Sumber:
Pengalaman Pribadi (Aghif dan Ibu)
http://gooutbound.com/pengertian-outbound-sejarah-manfaat-dan-tujuan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar