Sabtu, 16 Februari 2013

CLASSROOM MANAGEMENT "KELAS IDEAL/KELAS IMPIAN"

KELAS IDEAL/KELAS IMPIAN

KELAS IDEAL/KELAS IMPIAN
1.    Unsur-unsur Kelas Ideal:
·         Memiliki display yang merangsang motivasi belajar dan menambah wawasan peserta didik.
·         Suasana kelas yang aman, tertib, tenang, dan terkendali.
·         Interaksi yang sehat dan saling menghormati antara guru dan peserta didik, dan antar peserta didik.
·         Sarana/fasilitas kelas yang memudahkan proses pembelajaran.
·         Peraturan kelas yang dipatuhi dengan suka hati.
·         Peserta didik yang antusias belajar.
·         Proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. 

2.    Merumuskan Spesifikasi Kondisi Kelas Ideal:
·         Pengaturan ruang kelas yang menarik dan menyenangkan.
·         Memungkinkan peserta didik menampilkan perilaku berorientasi tugas.
·         Peserta didik yang memahami harapan guru dan berperilaku baik.
·         Peserta didik yang menampilkan perilaku belajar ang produktif.
·         Peserta didik mengikuti aturan yang ditetapkan.
·         Guru dan siswa berkomunikasi secara terbuka dan jujur.

3.    Menganalisis Kondisi Kelas Ideal
Analisis dilakukan dengan jalan membandingkan kondisi konkret kelas yang sedang dianalis dengan indikator kelas ideal yang diharapkan. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan jalan melakukan observasi karakteristik kelas ideal menggunakan daftar cek (check list) yang berisi indikator kelas ideal.

Berikut daftar cek (check list) kondisi kelas saat ini dan kondisi kelas ideal:
No.
Fasilitas/suasana
Kondisi kelas ideal
Saat ini
Harapan
K
C
B
K
C
B
1.
Penataan meja kursi






2.
Alat peraga






3.
Ventilasi (udara)






4.
Cahaya






5.
Hiasan dinding






6.
Alat bantu (papan tulis)






7.
Display/gambar yang menumbuhkan daya imajinasi






8.
Tempat pajangan






9.
Tempat mencuci tangan






10.
Tempat merawat makhluk hidup






11.
Orientasi belajar peserta didik






12.
Perilaku peserta didik






13.
Implementasi peraturan






14.
Komunikasi warga kelas






15.
Penyelesaian masalah






16.







17.







18.







19.







20.








Keterangan:
1.    K = Kurang,  C = Cukup,  B = Baik
2.    Untuk kolom Fasilitas/suasana yang masih kosong diisi dengan kondisi kelas.
3.    Dengan mengisi kolom yang ada, maka akan diketahui mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang perlu dipertahankan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar