1. Area Kelas dan Fungsinya
Identifikasi fungsi area kelas tergantung pada
kebutuhan, kondisi, dan luas kelas yang ada, diantaranya:
·
Area Belajar, adalah area yang berfungsi sebagai tempat kegiatan
belajar.
·
Area Perpustakaan Kelas, adalah area yang merupakan perpustakaan
mini dalam kelas.
·
Area Simulasi, adalah area yang memungkinkan sebagai tempat
simulasi ketika pembelajaran menggunakan metode simulasi.
·
Area Perlengkapan Kelas, yaitu area untuk menempatkan peralatan
kelas yang dibutuhkan untuk pembelajaran.
·
Area Perlengkapan Peserta Didik, yaitu tempat untuk meletakkan
barang pribadi siswa, seperti: sepatu, tas, portofolio siswa, dan lain-lain.
2. Kriteria Mendesain Kelas:
a. Menunjang efektivitas proses pembelajaran.
b. Bersifat fleksibel/luwes, perubahan dari satu tujuan ke tujuan lain
menjadi mudah.
c. Penataan kelas dan fasilitas kelas mampu membantu meningkatkan motivasi
belajar siswa, sehingga mereka merasa senang dan antusias dalam belajar.
d. Ketika siswa belajar mengenai suatu konsep, maka ada fasilitas
untuk memperjelas konsep tersebut dengan media yang sesuai sehingga tidak
bersifat verbalis.
e. Penataan kelas termasuk meja kursi dipengaruhi oleh falsafah dan
metode pembelajaran yang digunakan di kelas.
3. Pedoman Tata Letak Area (Setting Area) dan Peralatan Kelas
a. Tata Letak Area
Yang diperlukan ketika membuat setting area
kelas, antara lain:
·
Petunjuk (nama) setiap area sesuai fungsinya.
·
Mensetting area kelas yang merangsang pandangan yang luas
·
Mengumpulkan satu jenis fungsi berdekatan dengan fungsi yang
serupa.
· Fleksibel antara kegiatan individu dan kelompok, serta kegiatan di
atas meja atau di lantai.
b. Identifikasi Peralatan dalam Kelas
Melalui kegiatan Labelisasi atau pemberian
nama, baik peralatan kelas maupun milik pribadi siswa.
c. Pedoman Penempatan Peralatan Kelas
·
Menyediakan tempat/wadah khusus untuk tiap barang.
·
Menempatkan perlatan umum dalam satu tempat.
·
Peralatan kecil ditempatkan khusus.
·
Menempatkan peralatan kelas dan siswa di tempat yang mudah
dijangkau.
·
Peralatan tajam di tempatkan di tempat yang aman.
4. Membangun Kelas Nyaman, Menarik, dan Menyenangkan
·
Pencahayaan alami yang cukup.
·
Lingkungan yang lembut.
·
Tekstur permukaan (dinding, atap, lantai, dan lain-lain) yang variatif.
·
Ruangan yang leluasa/longgar.
·
Sentuhan “rumah”.
·
Terdapat makhluk hidup, seperti: binatang (ikan, kelinci) atau
tanaman.
·
Aman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar