KELAS IDEAL/KELAS
IMPIAN
1. Unsur-unsur Kelas
Ideal:
·
Memiliki display yang merangsang
motivasi belajar dan menambah wawasan peserta didik.
·
Suasana kelas yang aman, tertib, tenang, dan terkendali.
·
Interaksi yang sehat dan saling menghormati
antara guru dan peserta didik, dan antar peserta didik.
·
Sarana/fasilitas kelas yang memudahkan proses
pembelajaran.
·
Peraturan kelas yang dipatuhi dengan suka hati.
·
Peserta didik yang antusias belajar.
2. Merumuskan Spesifikasi
Kondisi Kelas Ideal:
·
Pengaturan ruang kelas yang menarik dan
menyenangkan.
·
Memungkinkan peserta didik menampilkan perilaku
berorientasi tugas.
·
Peserta didik yang memahami harapan guru dan
berperilaku baik.
·
Peserta didik yang menampilkan perilaku belajar
ang produktif.
·
Peserta didik mengikuti aturan yang ditetapkan.
·
Guru dan siswa berkomunikasi secara terbuka dan
jujur.
3. Menganalisis Kondisi
Kelas Ideal
Analisis dilakukan dengan jalan membandingkan kondisi konkret kelas
yang sedang dianalis dengan indikator kelas ideal yang diharapkan. Aktivitas
ini dapat dilakukan dengan jalan melakukan observasi karakteristik kelas ideal
menggunakan daftar cek (check list) yang berisi indikator kelas ideal.
Berikut daftar cek (check list)
kondisi kelas saat ini dan kondisi kelas ideal:
No.
|
Fasilitas/suasana
|
Kondisi kelas ideal
|
|||||
Saat ini
|
Harapan
|
||||||
K
|
C
|
B
|
K
|
C
|
B
|
||
1.
|
Penataan meja kursi
|
||||||
2.
|
Alat peraga
|
||||||
3.
|
Ventilasi (udara)
|
||||||
4.
|
Cahaya
|
||||||
5.
|
Hiasan dinding
|
||||||
6.
|
Alat bantu (papan tulis)
|
||||||
7.
|
Display/gambar yang menumbuhkan daya imajinasi
|
||||||
8.
|
Tempat pajangan
|
||||||
9.
|
Tempat mencuci tangan
|
||||||
10.
|
Tempat merawat makhluk hidup
|
||||||
11.
|
Orientasi belajar peserta didik
|
||||||
12.
|
Perilaku peserta didik
|
||||||
13.
|
Implementasi peraturan
|
||||||
14.
|
Komunikasi warga kelas
|
||||||
15.
|
Penyelesaian masalah
|
||||||
16.
|
|||||||
17.
|
|||||||
18.
|
|||||||
19.
|
|||||||
20.
|
Keterangan:
1. K = Kurang, C = Cukup,
B = Baik
2. Untuk kolom Fasilitas/suasana yang masih
kosong diisi dengan kondisi kelas.
3. Dengan mengisi kolom yang ada, maka akan
diketahui mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang perlu dipertahankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar