Senin, 25 Maret 2013

Sang Pengubah Peradaban


Perempuan…
Satu kata yang dekat dengan kehidupan

Perempuan…
Satu kata yang sanggup mengubah peradaban

Ibu Hawa
sang pionir manusia
seorang perempuan

Siti Maryam
yang melahirkan Nabi Isa meski tanpa ayah
seorang perempuan

Siti Aminah
yang dari rahimnya terlahir manusia mulia
sang pemimpin dunia
Nabi akhir zaman
seorang perempuan

Siti Khodijah
ibunda perempuan suci Fatimah
seorang perempuan

Siti Fatimah
ibunda si kembar cucu Rasulullah Hasan dan Husain
juga seorang perempuan

Maka tersenyumlah wahai perempuan
Banggalah menjadi perempuan
karna dari rahimmu ‘kan terlahir
generasi pengubah peradaban
Jika kau siap mendidiknya sepenuh kasih dan sayang

Maka tersenyumlah…
Banggalah…

 

Tuban, 13 Februari 2013

Jumat, 15 Maret 2013

CLASSROOM MANAGEMENT "KONSEKUENSI LOGIS"




KONSEKUENSI LOGIS

1.    Pokok Pikiran
·         Konsekuensi logis timbul berdasarkan jalannya kejadian yang secara alamiah, tanpa adanya campur tangan orang dewasa yang terlalu besar.
·         Kita tidak boleh mengambil alih rasa tanggung jawab yang seharusnya dipikul oleh si anak, dan jangan menanggung akibat-akibat yang timbul dari tindakan-tindakannya.
·         Apabila dalam suasana yang penuh kejengkelan kita mengancam dengan konsekuensi logis, maka dalam hal ini  konsekuensi tadi digunakan sebagai alat untuk menghukum.
·         Apakah yang terjadi jika seorang guru tidak mengambil tindakan terhadap perilaku kurang baik siswa?


2.    Pengertian Konsekuensi Logis
Konsekuensi logis adalah akibat yang diterima dari sebab perilaku yang dilakukan oleh anak. Sebelum menggunakan konsekuensi logis, mula-mula harus dijelaskan perilaku-perilaku yang diharapkan dilakukan oleh anak serta alas an melakukannya. Kemudian dijelaskan pula hubungannya dengan konsekuensi logis jika anak tidak memenuhi harapan.

CLASSROOM MANAGEMENT "PENGHARGAAN/REWARD"



PENGHARGAAN
Konsekuensi positif bagi anak untuk perilaku yang tepat/usaha yang luar biasa juga perlu digunakan dengan tujuan memperkuat tindakan konstruktif mereka. Contohnya: pengakuan verbal, jabat tangan, acungan jempol, tersenyum, dan memperoleh hak istimewa.
Merayakan prestasi yang telah dicapai anak dan menghargai keberhasilannya, tetapi tidak sampai menjadikannya sebagai kebanggaan semu, itulah penghargaan yang baik untuk anak.

1.    Pengertian Penghargaan
Penghargaan adalah betuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu. Penghargaan merupakan rangsangan untuk meningkatkan perbuatannya.
Setiap aktivitas, proses, dan hasil kerja serta perilaku anak yang baik, sebaiknya diberi apresiasi dengan member penghargaan yang bertujuan untuk memotivasi anak agar menjadi lebih baik lagi.

CLASSROOM MANAGEMENT "STRATEGI MENEGAKKAN PERATURAN DAN PROSEDUR KELAS"



STRATEGI MENEGAKKAN PERATURAN DAN PROSEDUR KELAS

Orang tua/guru sering menggunakan jalan pintas untuk meminta anak berperilaku yang baik, dengan cara menghardik “diam” atau melihatnya dengan wajah marah. Dan anak pun dengan mudah tertib kembali.

Akibatnya:
  • Anak tidak mengerti mengapa harus berperilaku sopan.
  • Anak merasa dirinya tidak disayang
  • Anak tidak diberi kesempatan untuk memperbaiki dirinya, karena setiap terjadi kesalahan orang tua/guru langsung marah tanpa memberitahunya.

1.    Tujuan Menegakkan Peraturan dan Prosedur Kelas
Syarat-syarat dalam menegakkan peraturan ini adalah dengan cara tanpa 3 M:
·         Tanpa marah
·         Tanpa menyuruh
·         Tanpa melarang
Tujuan dari strategi ini adalah:
a.     Anak dapat mengontrol dirinya
b.     Anak dapat mengendalikan emosinya
c.      Anak mengenal peraturan-peraturan yang ditetapkan
d.     Anak mempunyai kepercayaan diri
e.     Anak mampu memecahkan masalah-masalahnya sendiri 

CLASSROOM MANAGEMENT "STRATEGI MENEGAKKAN PROSEDUR KELAS"



PROSEDUR KELAS
Perilaku siswa dapat terbentuk dari pembiasaan. Mereka akan bekerja dengan rapi dan tertib jika tahu apa yang harus mereka lakukan.

1.    Pengertian Prosedur Kelas.
Adalah serangkaian aktivitas spesifik yang harus dijalankan oleh peserta didik dalam kelas dengan cara sama dan terstruktur agar memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama pula.

2.    Rutinitas Kelas yang Membutuhkan Prosedur
·         Masuk dan keluar kelas.
·         Tanda tenang dan perhatian.
·         Waktu yang tepat bergerak di sekeliling ruang kelas.
·         Tingkat kebisingan.
·         Pergi ke toilet.
·         Datang terlambat.
·         Mengumpulkan pekerjaan rumah atau tugas.
·         Mengajukan pertanyaan.
·         Pulang sekolah.

CLASSROOM MANAGEMENT "STRATEGI MENEGAKKAN PERATURAN"


PERATURAN KELAS
Peraturan kelas adalah cara membangun norma-norma yang ada dalam kelas sebagai pedoman agar kelas menjadi tertib dan teratur.

1.    Manfaat Peraturan Kelas
Berguna untuk menjauhkan warga kelas dari bahaya dan situasi tidak menyenangkan yang timbul dari perilaku menyimpang dari warga kelas. Peraturan akan member batasan perilaku sehingga kebebasan dapat diatur agartidak mengganggu kebebasan warga kelas yang lain.

2.    Contoh Peraturan Kelas
·         Ikuti petunjuk dan instruksi guru.
·         Tertib dan tenang.
·         Hormatilah orang lain dan hak miliknya.
·         Sayangi teman.
·         Giatlah belajar.