Jumat, 22 Januari 2010

Karakteristik Anak Pra TK


Oleh: Faizatin Ni'mah
(Ibu dua anak, praktisi pendidikan)

Ada beberapa karakteristik anak usia Pra TK, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kemajuan yang pesat.
Anak-anak usia 3 tahunan (pra TK) ini biasanya selalu mengejutkan para orang tua dengan perkembangannya yang menakjubkan yang dapat berlangsung dalam waktu singkat dan tak terduga. Perbedaan usia yang hanya 1 atau 2 bulan saja bisa memberikan perbedaan kemampuan yang cukup besar. Dalam waktu 1 bulan anak yang semula cengeng bisa menjadi lebih mandiri.



2. Aspek Psikomotor lebih dominan.
Anak-anak usia 3 tahunan (pra TK) memiliki kecenderungan untuk selalu bergerak dan bermain. Karena itu alangkah baiknya jika guru Play Group dapat memadukan materi pembelajaran dengan kegiatan motorik ini. Belajar berhitung, mengenal warna, anggota badan, hingga pengenalan doa-doa bisa dilakukan sambil naik ayunan, berlainan, duduk santai di halaman. Dengan begitu, mereka dapat belajar sambil menyalurkan energinya untuk bergerak. Meski kelihatannya acuh tak acuh, sebenarnya anak pra TK selalu merekam apa yang mereka dengar dan lihat lho…?

3. Merekam dan bukan mengungkapkan.
Anak-anak usia 3 tahunan (pra TK) memiliki kemampuan tinggi untuk merekam kedalam memori otaknya segala hal yang didengar dan dilihatnya setiap hari. Karena itu masa ini disebut masa Golden Age (masa emas perkembangan otak). Meski hafalan doa-doa diucapkan sambil lari-larian, tidur-tiduran, atau tanpa perhatian sekalipun, anak tetap merekamnya ke dalam otak. Sebaiknya guru Play Group lebih banyak bercerita daripada bertanya untuk mengetes kemampuan anak, karena dalam diri mereka belum tumbuh keinginan untuk menyampaikan pendapat, mungkin juga mereka tahu jawabannya tapi malas menjawab. Jadi jangan jadikan tes lisan sebagai satu-satunya tes untuk mengetahui kemampuan anak.

4. Jarak pandang dekat.
Anak-anak ini baru memiliki kemampuan pandang yang relatif dekat, tak lebih dari 2 m.
Karena itu sebaiknya guru duduk di depan muridnya jangan terlalu jauh, murid membentuk setengah lingkaran dan guru duduk di tengah. Untuk papan tulis sebaiknya menggunakan white board dengan spidol warna merah atau warna-warna lain yang menyolok agar lebih menarik perhatianya.

5. Obyek pandang dekat.
Jika guru menggambar obyek atau menunjukkan gambar, sebaiknya dalam ukuran besar. Ukuran folio sudah cukup menarik anak usia ini, apalagi di gambar dengan warna-warna yang menyolok. Misalnya mengenalkan nama buah, guru menggambar buah pisang di selembar kertas folio dengan warna kuning menyolok dan diberi mata, hidung, dan mulut, maka mereka akan antusias untuk melihatnya.

6. Banyak berceloteh.
Celotehan anak usia ini sering terluncur tanpa ada kaitannya dengan topik yang disampaikan guru. Guru yang bijak sebaiknya menghentikan sebentar pembicaraan untuk mendengarkan mereka, karena tak banyak anak yang mampu dan berani menceritakan perasaannya melalui celoteh seperti itu.


Daftar Pustaka:
Istadi, Irawati, Istimewakan Setiap Anak, Jakarta: Pustaka Inti, 2004
Bleckman, Ruth, Pergaulan di Taman Kanak-kanak, Bandung: Remadja karya, 1987

Tidak ada komentar:

Posting Komentar